Minggu, 12 Januari 2020

Electrogas Welding (EGW)

Electrogas Welding (EGW)

Electrogas welding (EGW) adalah proses pengelasan busur yang menggunakan elektroda consumable kontinu dan menggunakan molding shoes untuk menahan cairan las. EGW secara primer digunakan untuk mengelas sambungan butt (butt joint) dalam satu kali jalan (single pass) secara vertikal. Selain tergolong dalam pengelasan busur dengan elektroda terkonsumsi, EGW juga dapat digolongkan dalam proses pengelasan dengan mesin. Hal itu karena EGW memerlukan peralatan khusus (Gambar 1) dan bersifat otomatis.

Electrogas welding menggunakan kawat elektroda dengan inti flux (seperti FCAW) atau bisa juga menggunakan kawat elektroda tanpa flux namun dengan suplai gas pelindung (seperti GMAW). EGW juga menggunakan molding shoes yang mencegah cairan las lari keluar. Molding shoes berperan mirip sebagai rongga cetakan. Molding shoes dilengkapi dengan penggerak mekanis supaya dapat berpindah mengikuti pergerakan las. Di samping itu molding shoes juga dilengkapi dengan air pendingin untuk mencegah molding tersebut menempel pada las.

Gambar 1. Electrogas Welding

Aplikasi Electrogas Welding

Electrogas welding secara umum digunakan untuk menyambung sambungan butt. Selain itu EGW juga dapat digunakan untuk pengelasan fillet dan groove dengan orientasi vertikal. Di samping apa yang telah disebut di atas, EGW juga mampu digunakan untuk mengelas pipa. Pengelasan dilakukan dengan pipa yang berputar.

EGW digunakan untuk mengelas material baja seperti baja karbon rendah, baja karbon sedang, baja paduan rendah, dan beberapa jenis stainless steel. Penggunaan EGW dapat anda jumpai pada industri pembuatan tangki besar dan pembuatan kapal. EGW mampu digunakan untuk mengelas ketebalan dari 12 mm sampai 75 mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar