Minggu, 12 Januari 2020

Flash Welding (FW)

Flash Welding (FW)

Flash welding merupakan proses pengelasan di mana benda kerja disambung secara butt joint. Kedua permukaan benda kerja yang akan disambung didekatkan (belum sampai menempel), selanjutnya arus listrik diberikan kepada kedua benda kerja tersebut. Karena masih ada celah antara kedua benda kerja, maka terjadi hambatan pada aliran arus listrik tersebut. Aliran arus listrik yang terhambat akan meningkatkan suhu benda kerja hingga titik cair. Selanjutnya kedua permukaan benda kerja yang panas/cair tersebut ditempelkan dan ditekan bersamaan sehingga terjadi penyambungan.

Proses ini bernama flash welding karena pada saat terjadi pemanasan akibat hambatan arus listrik, beberapa busur (arc) terbentuk. Terbentuknya busur disebut sebagai flashing. Karena terjadi busur, terkadang flash welding juga diklasifikasikan ke dalam kelompok arc welding.

Gambar 1. Flash Welding

Aplikasi Flash Welding

Flash welding digunakan antara lain untuk menyambung baja strip pada proses rolling-mill, menyambung kawat pada proses drawing, dan menyambung benda-benda berbentuk pipa.

Kelebihan Flash Welding

Kelebihan flash welding antara lain:
  • Mampu untuk aplikasi produksi yang tinggi.
  • Proses pengelasannya cepat.
  • Proses pengerjaannya murah.

Kelemahan Flash Welding

Kelemahan flash welding antara lain:
  • Peralatan flash welding mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar